just choose

Friday, October 8, 2010

Gliese 581 C planet pengganti Bumi


adalah sebuah katai merah bintang dengan tipe spektral M3V, terletak 20,3 tahun cahaya jauhnya dari Bumi di konstelasi Libra .. massa diperkirakan adalah sekitar sepertiga dari yang dari Ming , dan merupakan 87 terdekat dikenal sistem bintang ke Matahari. Pengamatan menunjukkan bahwa bintang memiliki setidaknya empat planet: Gliese 581 b , c , d , e .

Sistem bintang mendapat perhatian setelah Gliese 581 c , rendahnya massa pertama planet ekstrasurya ditemukan dekat bintang's zona dihuni , ditemukan pada bulan April 2007. Sejak itu terbukti bahwa di bawah iklim planet terestrial model dikenal, Gliese 581 c akan memiliki efek rumah kaca , dan karenanya mungkin tidak ditinggali. . Namun, kemudian menemukan terluar planet Gliese 581 d adalah tegas dalam zona dihuni. Pada bulan April 2009, penemuan planet Gliese 581 e , pada waktu itu-dikenal di massa terdekat ke Bumi, diumumkan.

Nama Gliese 581 merujuk ke nomor katalog dari Katalog Gliese Bintang terdekat . nama lain dari bintang ini termasuk BD-07 ° 4003 ( BD katalog , publikasi dikenal pertama) dan HO Librae ( sebutan bintang variabel ). Ia tidak memiliki nama individu seperti Sirius atau Procyon . bintang adalah katai merah dengan tipe spektral M3V, terletak 20,3 tahun cahaya jauhnya dari Bumi . . Hal ini terletak sekitar dua derajat utara Beta Librae , bintang paling terang di konstelasi Libra . Massanya diperkirakan bahwa sekitar sepertiga dari Ming , dan merupakan 87 terdekat dikenal sistem bintang ke Matahari.

Sebuah bintang katai M-kelas seperti Gliese 581 memiliki massa jauh lebih rendah daripada matahari, menyebabkan wilayah inti bintang untuk membakar hidrogen signifikan pada tingkat yang lebih rendah. Dari magnitudo tampak dan jarak, kita dapat memperkirakan suhu 3200 kelvin efektif dan visual luminositas sebesar 0,2% dari Matahari. Namun, seperti katai merah Gliese 581 radiates terutama di dekat inframerah , dengan puncak emisi pada panjang gelombang sekitar 830 nanometer (diestimasi dengan menggunakan perpindahan hukum itu Wien , yang mengasumsikan bintang memancarkan sebagai benda hitam ), jadi seperti perkiraan akan meremehkan's total luminositas bintang. (Sebagai perbandingan, emisi puncak Matahari kira-kira 530 nanometer, di tengah-tengah bagian terlihat spektrum). Ketika radiasi di seluruh spektrum diperhitungkan (tidak hanya bagian yang manusia dapat melihat), sesuatu yang dikenal sebagai koreksi bolometric, bintang ini memiliki luminositas bolometric 1,3% dari total luminositas The Sun . planet A akan harus terletak lebih dekat ke bintang ini untuk menerima jumlah yang sebanding energi sebagai Bumi. Daerah ruang di sekitar sebuah bintang dimana planet akan menerima kurang lebih energi yang sama seperti bumi ini kadang-kadang disebut sebagai " Zona Goldilocks ", atau, lebih dgn biasa saja, di zona dihuni . Besarnya seperti zona adalah tidak tetap dan sangat spesifik untuk setiap sistem planet. Gliese 581 tampak terlalu besar untuk menjadi bintang Flare yang membuat hidup lebih mungkin. Gliese 581 tidak memancarkan sinar-X.

Sistem keplanetan

Setidaknya empat planet diyakini mengorbit Gliese 581. Gliese 581 b , Berukuran Sebesar Neptunus ditemukan pada bulan Agustus 2005 dan merupakan planet kelima yang ditemukan di sekitar bintang katai merah.Planet batin adalah paling tidak 16 kali besar Bumi (mirip dengan itu massa Neptunus) dan menyelesaikan orbit penuh Gliese 581 hanya dalam 5,4 hari.

Tiga model Keplerian-planet dari Gliese 581 variasi kecepatan radial. Layar panel-kurva fase terlipat masing-masing planet, dengan poin yang mewakili kecepatan radial yang diamati, setelah menghilangkan efek dari planet lain.

Dengan massa minimum sekitar lima kali Bumi-atau sepertiga bahwa Neptunus-Gliese 581 c mengorbit hanya bagian dalam zona habitable bintang induknya. Hal ini penting karena merupakan planet dengan massa minimum terendah belum ditemukan di di zona dihuni bintang yang lain, sehingga yang paling earthlike planet ditemukan sampai saat ini. suhu Permukaan hitam berarti telah diperkirakan terletak antara -3 ° C (untuk Venus-seperti albedo ) dan 40 ° C (untuk Bumi-seperti albedo), Namun, suhu bisa jauh lebih tinggi (sekitar 500 derajat Celcius) karena efek rumah kaca yang mirip dengan pelarian dari Venus . Beberapa astronom percaya sistem mungkin telah mengalami migrasi planet dan Gliese 581 c mungkin telah dibentuk di luar garis salju , dengan komposisi mirip dengan es tubuh seperti Ganymede .

Pengamatan bintang juga mengungkapkan sebuah planet ketiga, Gliese 581 d , dengan massa sekitar 7 Bumi, atau setengah Uranus , dan orbit Bumi 66,8 hari.Ini hanya orbit bagian dalam zona dihuni bintang, yang membuatnya menjadi calon potensial untuk bisa mendukung kehidupan.

Planet ini, pada estimasi massa minimal 1,9 Bumi, saat ini planet massa terendah diidentifikasi di sekitar

Simulasi dinamik sistem Gliese 581 dengan asumsi bahwa orbit planet b untuk d coplanar menunjukkan bahwa sistem menjadi tidak stabil jika massa komponennya lebih dari 1,6 - 2 kali massa minimum. The upper limits on the masses of the planets are found to be 3.1, 30.4, 10.4 and 13.8 Earth masses for planets e, b, c and d respectively. Batas-batas atas pada massa planet yang ditemukan 3,1, 30,4, 10,4 dan 13,8 massa Bumi untuk planet e, b, c dan d masing-masing.

No comments:

Post a Comment